MENGENAL TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

Kondisi bumi saat ini memang sangat memperhatinkan. Pasalnya banyaknya bencana alam dan kerusakan alam yang terjadi dimana – mana. Padahal bumi adalah tempat dimana semua mahluk hidup bergantung menjalankan kehidupan.

Untuk itu menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Untuk itulah muncul konsep teknologi ramah lingkungan yang pelaksanaannya mengacu pada wawasan lingkungan. Untuk itu, saat kita memahami konsep ini maka kita tetap bisa meningkatkan teknologi terapan yang aman bagi semua mahkuk hidup di umi termasuk semua lingkungan alam semesta.

Meskipun mewujudkan konsep dengan teknologi ramah lingkungan bisa membutuhkan dana yang cukup banyak, namun ini akan sebanding dengan manfaat yang akan kita dapatkan di masa yang akan datang.

Tetapi saat ini juga sudah banyak pengembang yang memberikan ide teknologi ramah lingkungan dengan budget minim, namun
bentuknya lebih sederhana.

Baca juga ya Jenis – jenis Varietas Unggul Bunga Lili

Prinsip yang digunakan oleh teknologi ramah lingkungan secara sederhana adalah menciptakan teknologi yang akan memudahkan manusia untuk melakukan suatu hal, tanpa perlu merusak ataupun memberikan efek negatif bagi lingkungan di sekitarnya.

Karena sejauh ini banyak teknologi konvensional yang berkembang akan menimbulkan polutan dan limbah – limbah yang membahayakan mahluk hidup dan lingkungannya.
Konsep teknologi ramah lingkungan memiliki 6 prinsip diantaranya adalah :

  1. Refine : menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan proses yang lebih aman dibandingkan dengan teknologi sebelumnya
  2. Reduce : mengoptimalkan penggunaan bahan, dengan mengurangi jumlah pembuatan limbah
  3. Reuse : menggunakan kembali baham yang sudah tidak terpakai, atu sudah dalam bentuk limbah yang sudah di proses dengan cara berbeda.
  4. Recycle : menggunakan kembali bahan – bahan atau limbah yang tidak dipakai yang sudah melalui proses yang sama.
  5. Recovery: adalah pemanfaatan material tertentu dari limbah yang diproses
  6. Retrieve energy : penghematan pembuatan energi. Hal ini bisa dilakukan oleh siapapun, tapi sering abaikan terutama pengguna listrik rumah tangga.

Adapun beberapa manfaat yang besar, yang akan didapatkan dari konsep teknologi ramah lingkungan ini adalah :
 Dinilai sangat efektif dan efisiensi untuk pemanfaatan sumber daya alam yang ada di bumi dengan sangat baik, tanpa merusak lingkungan disekitar kita.
 Sangat baik untuk mengatasi dan mengurangi jumlah limbah yang saat ini sangat memprihatinkan
 Dapat menjaga kesehatan makhluk hidup, terutama manusia dengan adanya lingkungan yang sehat.
 Lebih efisien atau hemat penggunaan sumber daya tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan sumber daya yang ada.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>