YUK MENGENAL SISTEM TANAM HIDROPONIK

Pernahkah Anda mendengar tentang sistem bercocok tanam dengan Hidroponik? Dan apa kelebihan serta manfaatnya? Kami akan mulai membahasnya dari pengertian hidroponik.

Hidroponik adalah suatu sistem budidaya tanaman dengan cara menggunakan air sebagai media tanamnya. Jika pada proses menanam biasanya menggunakan tanah, tetapi sistem Hidroponik menggunakan air sebagai media tanamnya. Sistem Hidroponik dipilih karena adanya kondisi dimana ruang atau lahan tanam tidak terlalu luas.

Simak juga disini ya Jenis – jenis Varietas Unggul Bunga Lili

Sehingga cara hidroponik yang dipilih sebagai alternatifnya. Jenis tanaman yang bisa cocok digunakan untuk sistem Hidroponik adalah Selada, timun, kangkung, strawberry, cabai, semangka, timun, dan bayam.

Setelah mengetahui dasar pengertian hidroponik, kita beranjak dari manfaat Hidroponik secara umum :
 Mampu menghasilkan kualitas tanaman yang baik.
 Tanaman lebih tahan hama
 Mengurangi penggunaan pupuk
 Menghemat tempat atau lahan
 Pertumbuhan tanaman lebib cepat
 Menghasilkan kualitas tanaman yang lebih baik.

Kelebihan sistem Hidroponik tanaman jika dibandingkan dengan sistem penanam lainnya adalah :

  1. Produksi tanaman lebih banyak jumlahnya
  2. Tanaman bisa bebas dari hama dan penyakit
  3. Menggunakan air dan puouj bisa lebih hemat
  4. Penggantian tanaman bisa lebih mudah.
  5. Perawatan juga tidak sulit atau lebih mudah.

Namun ada beberapa hal juga yang harus dipertimbangkan sebelum memilih menggunakan sistem Hidroponik, karena ada beberapa kekurangan seperti
 Biaya pembuatan lebih mahal, karena menggunakan beberapa alat khusus.
 Memerlukan pengetahuan lebih tentang sistem tanaman Hidroponik.
 Membutuhkan ketelitian saat proses pembuatannya.
Kesimpulannya setiap metode bercocok tanam pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, termasuk sistem tanaman Hidroponik ini.

Namun semuanya bergantung pada kemauan kita untuk menggunakan sistem yang mana, yang sesuai dengan kemampuan kita. Termasuk bagaimana cara meminimalisir kekurangan pada sistem penanaman, sehingga tidak akan ada masalah saat menjalankan proses bercocok tanam, dengan pilihan metode apapun yang sudah menjadi pilihan Anda.

Demikian informasi mengenai Hidroponik mulai dari pengertian, manfaat, kelebihan dan kekurangannya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan Anda tentang metode tanaman Hidroponik.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>